+62 (0333) 636780Kontak Kami

SPAGHETTI BRIDGE COMPETITION (SBC) 2019, POLIWANGI PACU MILENIAL DI BIDANG INFRASTRUKTUR

Spaghetti Bridge Competition (SBC) 2019 Kembali diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Banyuwangi. Acara ini dilaksanakan sejak tahun 2009. SBC 2019 kali ini mengambil tema "Inovasi Milenial dalam Mengoptimalkan Pembangunan Inftrastruktur Negara", tujuan diadakannya lomba selain menjadi agenda rutin tahunan Himpunan mahasiswa Teknik Sipil, juga untuk melatih kemampuan generasi milenial untuk berinovasi dalam pembangunan salah satu infrastruktur negara, serta untuk mengenalkan Poliwangi khususnya Program Study Teknik Sipil menurut M. Ilham selaku ketua panitia SBC 2019. Spaghetti Bridge Competition atau lomba merancang sebuah jembatan yang terbuat dari bahan spaghetti, perlombaan kali ini terdapat perbedaan pada tahun-tahun sebelumnya yaitu peningkatan volume jumlah peserta. SBC 2019 diikuti oleh 56 tim dari SMA/SMK/MA se-Jawa Timur dan Bali dimana setiap timnya terdiri dari 3 orang siswa. Tepat setelah sambutan dari direktur Politeknik Negeri Banyuwangi yakni H. Son Kuswadi, Dr. Eng SBC 2019 dibuka pada hari Sabtu 16 November 2019. Spaghetti Bride Competition kali ini bekerjasama atau MOU dengan PT. Citicon Nusantara Industries.

Acara juga dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan M. Shofi'ul Amin, S.T., M.T dan Ketua Jurusan Teknik Sipil Enes Ariyanto Sandi ST., M.M. serta beberapa Dosen Teknik Sipil Poliwangi. Sebelum perlombaan di mulai, terlebih dahulu di lakukan seminar oleh PT. Citicon Nusantara Industries, acara kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan jembatan pada aula Direktorat Politeknik Negeri Banyuwangi. Proses pembuatan jembatan berlangsung selama 3 jam. Terlihat Antusias dari para peserta dalam mengikuti perlombaan ini.

Penilaian untuk SBC 2019 yang utama adalah kekuatan jembatan dalam menahan beban yang diberikan, dan desain jembatan juga menjadi kriteria penilaian. Pengujian yang dilakukan berupa pembebanan dengan memasukkan pasir secara perlahan ke dalam timba yang digantungkan di jembatan hasil karya para peserta tersebut. Riuh teriakan tak terhindar saat jembatan ambruk oleh beban yang diberikan. Dalam perlombaan tersebut tim-tim dari SMKN 1 Glagah yang berhasil menjadi Juara Umum dengan membawa juara 1, 2, dan 3.



  • 19/11/19

  • Diterbitkan: humas

Back to Top
tanggal tidak sama