+62 (0333) 636780Kontak Kami

TERAPKAN TEKNOLOGI VACUUM PUMP , PROGRAM STUDI TPHT POLIWANGI CIPTAKAN ALAT PEMERAH SUSU SAPI YANG BERKUALITAS DAN HIGIENIS BAGI KELOMPOK TERNAK DESA

Pada program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat yang dibiayai oleh RISTEKDIKTI, Dosen-dosen di Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Poliwangi berkolaborasi dengan Dosen dari program studi teknik mesin membuat suatu alat pemerah susu sapi otomatis dengan menerapkan teknologi vacuum pump. Dengan menerapkan teknologi ini, diharapkan susu yang dihasilkan lebih higienis dan berkualitas.

Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Asmaul Khusna, S.Pt., MM dan beranggotakan Anis Usfah Prastujati, S.Pt., M.Si dan Nuraini Lusi S.Pd., MT. bekerjasama dengan peternak sapi perah yang tergabung dalam kelompok ternak Ijen Makmur di Kecamatan Licin. Pada program ini Politeknik Negeri Banyuwangi memberikan 2 alat perah vakum kepada kelompok ternak ijen makmur untuk dapat meningkatkan produksi susu dan kualitas dari susu tersebut. Karena seperti diketahui bahwa susu dari kelompok ternak ijen makmur ini selain dipasok ke PT.NESTLE juga telah tersebar ke hotel, restoran, dan café-café yang ada di kecamatan Banyuwangi dan sekitarnya. Oleh karena itu sangat perlu untuk menjaga kualitas dari susu yang dihasilkan.

Ketua kelompok ternak Ijen makmur yang diwakili pak Achmad Sulamto merasa sangat senang dengan adanya alat perah vakum ini karena proses pemerahan susu menjadi lebih cepat dan higienis. Sehingga menghemat tenaga. selain memberikan alat perah vakum, peternak sapi perah di Ijen Makmur juga akan dibina dan diberikan pelatihan bagaimana penanganan susu yang baik dan benar, bagaimana pengolahan susu menjadi yoghurt, juga diberikan penyuluhan tentang manajemen kesehatan reproduksi induk yang sedang produktif.

Tujuan dari program ini adalah membantu kelompok masyarakat agar lebih produktif di bidang ekonomi dengan cara berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk memanfaatkan hasil-hasil dari penelitian.



  • 17/09/19

  • Diterbitkan: humas

Back to Top
tanggal tidak sama