+62 (0333) 636780Kontak Kami

48 TIM SE-KARESIDENAN BESUKI ADU KREATIVITAS DI SPAGHETTI BRIDGE COMPETITION 2018.

TINTA- Sabtu (10/11/2018) . Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Banyuwangi menggelar Lomba Spaghetti Bridge Competition (SBC) yang ke-10 Tingkat SMA Sederajat Se-Karesienan Besuki. Dengan tema “ High Early Strenght, Creative and Innovative For Bridge Competition”.
Acara ini dihadiri oleh :
1. Bapak Dedy Hidayat Kusuma,ST.,M.Cs. ( Wakil Direktur 1 Politeknik Negeri Banyuwangi)
2. Civitas Akademika Politeknik Negeri Banyuwangi
3. Segenap Juri
4. Delegari UKM/HIMA Politeknik Negeri Banyuwangi


Bertempat di Aula Direktorat Politeknik Negeri Banyuwangi, event yang merupakan program kerja tahunan himpunan mahasiswa teknik sipil ini diikuti sekitar 48 tim dari berbagai SMA Se-Karesidenan Besuki . “Dimana event ini merupakan agenda tahunan dari program studi teknik sipil, yang kita mulai pada tahun 2009 .Awalnya hanya menggunakan fasilitas PEMDA, sekarang alhamdulillah semakin berkembang”.Tutur Bapak Enes Arianto Sandi, ST.,MM. Selaku Koordinator Jurusan Program Studi Teknik Sipil. “Dan disini alhamdulillah ada 48 tim se-Karesidenan Besuki yang turut Berpartisipasi , dimana semakin lama semakin meningkat jumlah pesertanya di berbagai daerah,”Sambungnya .


Selanjutnya , Bapak enes mengungkapkan tujuan dari lomba ini yakni mengajak para siswa siswi untuk mengetahui bidang teknik sipil terutama bidang jembatan, yang minimal dengan bidang jembatan ini para siswa siswi dapat mengetahui bagaimana merancang suatu prototipe jembatan , dengan merencanakan,mengkreasikan, mendesain dan mengukur secara tepat dan akurat.


Pada perlombaan kali ini , peserta di beri kebebasan untuk berkreasi serta berinovasi menggunakan desain jembatan model segitiga maupun parabola , yang mana berat total jembatan tidak boleh melebihi 175gr.SBC kali ini merebutkan empat kategori yaitu,juara 1,2,dan 3 serta kategori desain terbaik . Untuk sistem penilaiannya yakni, arsitektur/estetika jembatan ,konsistensi desain jembatan dengan gambar , dan kesesuaian dengan konsep desain yang tercantum pada gambar rencana , kebersihan ,kemampuan mempresentasikan prototype,seta besar beban maksimum yang mampu ditahan prototype.
Dari perlombaan ini diraih ,
1. Juara 1 Begundal Team dari SMKN 2 Jember dengan skor 84,261
2. Juara 2 Cremona Imuds B Team dari SMK Ihya,Ulumudin dengan skor 83,362
3. Juara 3 Ant Contrucsion Team dari SMKN 1 Glagah dengan Skor 82,719
4. Kategori Desain Terbaik Bekhou Club dari MAN 2 Banyuwangi dengan skor 81,494
Tujuan dari Perlombaan kali ini yaitu untuk mengasah skill, keterampilan , dan perhitungan dalam membuat rangka jembatan spaghetti terkuat . Dengan harapan diadaknnya lomba ini tak lain untuk mengenalkan POLIWANGI ke masyarakat luas terutama siswa SMA sederajat. Tak Hanya di Banyuwangi , namun juga diluar lingkup Kabnupaten Banyuwangi.



  • 11/11/18

  • Diterbitkan: humas

Back to Top
tanggal tidak sama