+62 (0333) 636780Kontak Kami

LOMBA MINIATUR HIDROPONIK "ADU KREASI MENDESAIN MINIATUR HIDROPONIK"

PERSMA - TINTA (Senin, 08 Mei 2017) Unit Kegiatan Mahasiswa Kompetensi Agribisnis kembali menyelenggarakan acara "MINIATUR HIDROPONIK" tingkat SMA/SMK/MA se - Jawa Timur dengan tema "Sehat Dengan Hidroponik". Bertempat di Aula Direktorat Politeknik Negeri Banyuwangi.

Suasana aula direktorat Politeknik Negeri Banyuwangi terkesan sangat sibuk sekali pada senin  pagi (8/5). Puluhan pelajar tingkat SMA/sederajat yang membentuk kelompok - kelompok kecil beranggota tiga orang tampak mengotak atik pipa dan paralon. Mereka kerja tim, berbagi tugas, ada yang membuat lubang, ada pula yang memotong maupun menyambung pipa dan paralon tersebut.

Hidroponik sendiri adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Peserta yang ikut dalam acara tersebut sangat antusias dan juga memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara. Adapun sistem penilaian lomba yang diterapkan adalah dari fungsi hidroponik itu sendiri yang meliputi tekanan air, aliran air, kegunaan, estetika, kreativitas dan inovasi. Berdasarkan penilaian Juri, maka muncullah tiga jawara dari sekian peserta yang berpartisipasi, yaitu Juara 1 Miniatur Hidroponik diraih oleh SMAN 1 Rogojampi, Juara 2 diraih oleh SMKN 5 Jember, dan Juara 3 diraih oleh SMAN 1 Genteng. Semoga lomba ini mampu memberikan inspirasi, maupun ilmu dan pengalaman bagi siswa siswi SMA sederajat. 



  • 10/05/17

  • Diterbitkan: humas

Back to Top